Guru SMPN 2 Amlapura
Kajian
pustaka ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya mengoptimalkan inteligensi
ganda (multiple intelligences) dalam
proses pembelajaran sebagai upaya menanamkan pendidikan karakter.Teori
inteligensi ganda ditemukan dan dikembangkan oleh Howard Gardner,di Harvard university, Amerika serikat
sejak tahun 1983. Menurut Gardner ada 9 (Sembilan) inteligensi yang berkembang
pada diri manusia, yaitu (1) inteligensi linguistik, (2) inteligensi matematis
logis, (3) inteligensi ruang, (4) inteligensi kinestetik-badani, (5)
inteligensi musikal, (6) inteligensi interpersonal, (7) inteligensi
intrapersonal, (8) inteligensi lingkungan/naturalis, dan (9) inteligensi eksistensial. Dunia
pendidikan seyogyanya tidak mengabaikan perihal inteligensi ganda ini. Sekolah
dan guru hendaknya meyakini bahwa pada diri
setiap peserta didik memiliki
inteligensi ganda yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Terlebih
lagi Kementerian Pendidikan Nasional telah mengumandangkan pendidikan karakter
sejak tahun 2009. Pembangunan pendidikan nasional didasarkan pada paradigma
membangun manusia Indonesia seutuhnya, yang berfungsi sebagai subyek yang
memiliki kapasitas untuk mengaktualisasikan potensi dan dimensi kemanusiaan
secara optimal. Dengan mengoptimalkan inteligensi ganda dalam praktik-praktik
pembelajaran di sekolah, baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler akan
memberi kesempatan yang luas bagi
tertanamnya pendidikan karakter.
Untuk lengkapnya, dapat diklik link berikut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar