Sabtu, 25 Januari 2014

MENGOPTIMALKAN INTELIGENSI GANDA (MULTIPLE INTELLIGENCES) DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER

Sri Wahyuni
Guru SMPN 2 Amlapura


    Kajian pustaka ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya mengoptimalkan inteligensi ganda (multiple intelligences) dalam proses pembelajaran sebagai upaya menanamkan pendidikan karakter.Teori inteligensi ganda ditemukan dan dikembangkan oleh Howard Gardner,di Harvard university, Amerika serikat sejak tahun 1983. Menurut Gardner ada 9 (Sembilan) inteligensi yang berkembang pada diri manusia, yaitu (1) inteligensi linguistik, (2) inteligensi matematis logis, (3) inteligensi ruang, (4) inteligensi kinestetik-badani, (5) inteligensi musikal, (6) inteligensi interpersonal, (7) inteligensi intrapersonal, (8) inteligensi lingkungan/naturalis, dan  (9) inteligensi eksistensial. Dunia pendidikan seyogyanya tidak mengabaikan perihal inteligensi ganda ini. Sekolah dan guru hendaknya meyakini bahwa pada diri  setiap peserta didik  memiliki inteligensi ganda yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Terlebih lagi Kementerian Pendidikan Nasional telah mengumandangkan pendidikan karakter sejak tahun 2009. Pembangunan pendidikan nasional didasarkan pada paradigma membangun manusia Indonesia seutuhnya, yang berfungsi sebagai subyek yang memiliki kapasitas untuk mengaktualisasikan potensi dan dimensi kemanusiaan secara optimal. Dengan mengoptimalkan inteligensi ganda dalam praktik-praktik pembelajaran di sekolah, baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler akan memberi  kesempatan yang luas bagi tertanamnya pendidikan karakter.

Untuk lengkapnya, dapat diklik link berikut.

Kamis, 07 November 2013

WORKSHOP PENGEMBANGAN KARIR PTK SMP


Pada hari kamis tanggal 7 November 2013 telah dilakukan pembukaan workshop Pengembangan Karir PTK SMP yang bertempat di SMPN 5 Amlapura. Workshop yang diselenggarakan oleh MGMP IPA SMP Kabupaten Karangasem ini berlangsung sampai dengan tanggal 14 November 2013. Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para guru mengenai Kurikulum 2013 serta kemampuan guru-guru dalam menyusun skenario pembelajaran, serta membuat karya ilmiah yang bermanfaat bagi pengembangan kompetensi profesional para guru.

Senin, 16 September 2013

Diklat Penilaian Otentik


Dalam rangka memantapkan keterampilan guru dalam melaksanakan penilaian dan terkait dengan pelaksanaan Kurikulum 2013, maka MGMP IPA Karangasem menyelenggarakan Diklat Penilaian Otentik yang diselenggarakan pada tanggal 14 s/d 16 September 2013 di MTs N Amlapura. Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Bidang Pengkajian dan Pengembangan (Kabid Jibang) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karangasem I Wayan Sutrisna, SE, MM, diikuti oleh perwakilan guru-guru dari masing-masing SMP/MTs yang ada di Kabupaten Karangasem. Sebagai narasumber adalah Dr. I Wayan Sukra Warpala, M. Si. salah seorang Dosen Undiksha. Materi Diklat ini dapat diunduh pada laman unduh. Untuk mengefektifkan kegiatan, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dengan rincian tugas sebagai berikut.

TUGAS DIKLAT PENILAIAN

KECAMATAN KARANGASEM DAN MANGGIS
TUGAS: MEMBUAT INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA (RUBRIK PENILAIAN)
KECAMATAN ABANG DAN KUBU
TUGAS: MEMBUAT INSTRUMEN  PENILAIAN PORTOFOLIO
KECAMATAN RENDANG DAN SIDEMEN
TUGAS: MEMBUAT INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK
KECAMATAN BEBANDEM DAN SELAT
TUGAS: MEMBUAT INSTRUMEN PENIALAIN TES OBJEKTIF DAN URAIAN

PEDOMAN PEMBUATAN INSTRUMEN DAPAT DILIHAT PADA Materi Diklat Penilaian Otentik!
TUGAS DIKIRIM KE E-MAIL MGMP IPA: mgmp.ipa.karangasem@gmail.com